RSS

Mengasah Kesadaran Melalui Berita2 Unik.

20 Mei

Ketika media cetak dan elektronik menurunkan berita tentang Seorang laki2 yg berusia 83 tahun, asal Gujarat-India selama 70 tahun tidak makan dan tidak minum…menyita perhatian banyak orang sehingga membuat para medis (dokter specialis) hampir tak percaya dengan informasi ini, hingga para dokter siap melakukan riset terhadap keadaan fisik kakek berusia 83 tahun tersebut (Liputan6.com).

Demikian pula dgn kabar dari Inggris tentang seorang ibu muda, wanita terkecil di dunia yg bernama Amanda Moore (25) ingin mempunyai anak lagi setelah Aidan, putra sulungnya berusia 15 bulan. Kondisi Amanda Moore, yang menderita rapuh tulang sejak lahir, bahkan 14 tulangnya patah ketika dilahirkan yang mengakibatkan kondisi fisik Amanda Moore tidak mau berkembang normal. Akibat kondisinya itu, Amanda Moore memutuskan untuk tidak nenikah, namun jodoh siapa yg tahu..Amanda dilamar seorang pemuda ganteng Steven Fyfe, “Aku berubah pikiran, dan ingin merasakan mengandung dan memiliki anak” kata Amanda.  Ketika Amanda dinyatakan hamil, dokter sempat menyarankan agar bayi dalam kandungannya digugurkan. Kesimpulan medis demikian, karena dapat membahayakan fisik bila usia kandungan Amanda membesar dan melahirkan. “Kata dokter, tulangku bisa patah karena mengandung. Bayi yang semakin membesar dalam perutku bisa membuat aku mati. Namun, aku percaya pasti ada mukjizat,” katanya. (Kompas.com)

Hal serupa juga dialami oleh seorang wanita separuh baya terkecil di dunia lainnya, Stacey Herald, 36 tahun yang hanya berukuran 0,7 meter telah diperingatkan soal bahaya jika ia hamil karena bayi yang terlalu besar akan menghancurkan paru-paru serta jantung. Namun Herald yang berasal dari Kentucky, AS, telah secara sukses melahirkan 3 kali dan saat ini ia dan suaminya, Wil, 27 tahun yang memiliki tinggi 1,7 meter bahkan berencana untuk memiliki lebih banyak anak. Herald memiliki kondisi genetika yang jarang disebut Osteogenisis Imperfecta di mana menghambat perkembangan dirinya dan menyebabkan keterbelakangan paru-paru dan tulang yang rapuh. Namun, Stacey Herald mengatakan, “Memiliki tiga anak cukup sedikit saat ini, saya melihat bahwa kami bisa memiliki lebih banyak anak di masa depan.” (Rimanews.com)

Selanjutnya, peristiwa pernikahan seorang profesor robotika dari Jepang Tomohiro Shibata (42), menikah dg pacarnya Satoko Inoue (36), yang dinikahkan oleh robot bernama I-Fairy. “Unik” karena tidak jelas arti pernikahan yg dilakukan kedua mempelai dibawah tuntunan sang robot. Ini untuk pertama kalinya di dunia robot memimpin upacara perkawinan manusia. “Silakan singkap selubung pengantin perempuan,” kata I-Fairy dengan suara nyaring. Ia lalu melambaikan tangannya ke udara saat kedua pengantin baru berciuman di depan sekitar 50 tamu. Menurut undang-undang yang berlaku di Jepang, upacara pernikahan itu sah. (Kompas.com)

Terus… informasi tentang keberadaan pawang hujan di luar rumah almarhumah Mama Lauren di kawasan Cipinang Jakarta Timur (18/5/2010). Sang pawang hujan yang bernama Dodi, berperilaku ‘aneh’ dgn menunjuk-nunjuk ke atas langit Jakarta yg lagi mendung sambil sesekali mengawasi kondisi sekitar. “Saat ini ada beberapa paranormal se-Indonesia yang kemungkinan menjadi rival, senang Mama Lauren meninggal. Mereka berniat akan mengirim hujan ketika upacara pemakaman nanti,” kata pawang hujan itu. Pawang hujan itu juga mengaku datang bukan karena permintaan, melainkan ia berinsiatif ingin menahan energi jahat yang menurutnya bisa mengganggu prosesi pemakaman siang nanti. “Jadi kita lagi coba tahan biar nggak hujan sampai selesai pemakaman, saya juga minta bantuan temen di Banten buat nahan,” tambah sang pawang hujan (VIVAnews.com).

Sahabat..mana info yg aneh, unik, atau langka dari ke-empat kasus di atas ? Lantas sejauhmana  kesadaran digunakan untuk berpikir benar dan tepat ? Bila Kasus pak tua yg tidak makan minum selama 70 tahun di India, tergolong dalam kasus manusia bertapa. Boleh jadi, banyak petapa2 yg luput dari riset medis. Kasus Amanda Moore, adlh berita yg paling menarik, dapat mengasah kesadaran manusia untuk berpikir mendalam, bahwa mental yg super tidak hanya dimiliki oleh orang yg normal, orang yg kurang secara fisik belum tentu juga kurang mental. Kasus , robot menjadi wali nikah di Jepang, -terlepas dari sah tidaknya nikah itu tergantung kepercayaan yg dianutnya- daripada tanpa nikah hidup serumah…yg slama ini banyak terjadi dlam realitas di kota2 besar. Namun kasus ini bila dilirik sekilas hanyalah sebuah sensasi komersial yg sengaja dibuat unik. Dan terakhir kasus pawang hujan untuk menahan hujan di sekitar rumah almarhumah Mama Lauren, boleh dilirik sebagai kasus lucu..!! Karena dlm beberapa minggu terakhir kota Jakarta memang lagi diterpa hujan…ya…ah tiba2 ada pawang mau nahan hujan jadi lucu kan? Sobat…kilasan analisis ini hanyalah opini yg perlu direnungi didikusikan kembali melalui pemberdayaan akal yg dmendalam, sehingga bisa dibedakan yg betul2 unik dan langka dg hanya yg sensasi. Tentu saja sobat…semua peristiwa dapat dijadikan i’tibar bagi orang2 yg menggunakan akal dg tepat, dalam konteks afala ta’kilun atau afala tatafakkarun.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 20 Mei 2010 in Tafakkur

 

Tag: , , ,

One response to “Mengasah Kesadaran Melalui Berita2 Unik.

  1. mursyid halim

    23 September 2011 at 05:36

    memang ada kejadian2 diluar nalar manusia yg menurutku hal ini menunjukkan keterbatasan manusia itu sendiri.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: