RSS

Hakikat Hidup Manusia…..

22 Feb

“Tidak Aku ciptakan Jin dan Manusia, melainkan untuk beribadah kepada-Ku” (Adz-Zariyat: 56)

Sahabat sekalian……..

Kadang kita lupa, terlena karena disibukkan dengan segala aktivitas yg sedang kita lakonin…lagi naik daun, berkembang dan maju. Atau terkadang kita tidak menerapkan ilmu agama, pengetahuan ajaran agama dan hikmah2 agama yg telah kita peroleh, kita dapatkan dan kita tuntut sejak kecil dan remaja. Saat kita dewasa, beragam kebutuhan menghampiri kita…yang menuntut kita untuk mampu mengurus dan merawat diri kita sendiri dengan mantap, dan dengan urusan ini dan itu… justru membuat kita lupa ingatan (amnesia) dengan MakNa dan Arti Hidup kita sendiri. Karena kita telah berhasil dalam berkarer, pekerjaan atau usaha yg kita tekuni selama bertahun-tahun. Kita bangga dengan apa yg telah kita dapatkan, sehingga kita terlelap dengan keberhasilan kita…tanpa kita maknai siapa diri kita yg sesungguhnya.

Kita tidak memikirkan untuk apa semua keberhasilan yg kita peroleh, kita dapatkan…namun kita tanpa berusaha mengetahui dan menyadari MakNa dan Arti Hidup kita. Apakah arti hidup itu hanya sekedar mengisi dan meramaikan alam mayapada ini saja, setelah itu mati dan dikubur….habis urusan. Ups…Sahabat…tidaklah sesederhana itu, arti hidup manusia. Namun perlu direnungi, direview secara lebih bermakna dan mendalam. Sadarkah kita bahwa Dunia ini adalah tempat kita bercocok tanam, tempat kita ketawa-ketiwi, senda gurau atau tempat kita berbuat apa saja sebelum ajal menjemput kita. Sedangkan Akhirat, alam setelah kiamat adalah tempat kita menikmati Hasil kerja kita sewaktu di alam dunia dulu.

Allah SWT telah memberi informasi yang sangat jelas kepada seluruh makhluknya, terutama Manusia dan Jin bahwa Allah tidak menciptakan Jin dan Manusia, kecuali manusia dan Jin diberi tameng, tuntunan atau kewajiban hidup agar mereka dapat terarah, yaitu pengabdian yang tulus kepada Allah (dalam artian menyembah dan beribadah kepada Allah). Dengan beribadah dan taat kepada Allah, nilai kemanusiaan manusia semakin menampakkan citranya, sehingga hidup bisa dinikmati dengan baik dan bermakna. Inilah Arti dan Makna Hidup Manusia yg Sebenar-benarnya….sahabat sekalian. SK

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 22 Februari 2012 in Diskusi, Kajian, Tafakkur

 

Tag: , , , ,

One response to “Hakikat Hidup Manusia…..

  1. qorry felt craft

    10 Maret 2012 at 21:27

    setuju sekali mbak🙂 hidup adalah tempat menanam, apa yang kita tanam itulah nanti yang akan kita tuai di akhirat kelak.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: